Buletin HPI Edisi 3: Satu Umat di Bawah Panji Nabi Muhammad

Bismillahirrahmanirrahim

“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya’: 107).

Kelahiran Nabi Muhammad adalah momen kebahagiaan kaum Muslimin seantero dunia. Berkatnya—salah satunya—kita bisa merasakan nikmatnya memeluk agama Islam. Tak ragu lagi, bahwa ia berhasil membangunkan jiwa manusia yang tengah terlelap dalam tidur panjang era jahiliyah. Ia mengetuk pintu jiwa manusia untuk melakukan revolusi besar-besaran dari beragam sisi, di mana saat itu umat manusia nyaris berada pada ambang kehancuran.

Nabi Muhammad adalah pembawa obor yang menyinari dunia yang saat itu tenggelam dalam kegelapan. Misi lain nabi di muka bumi ini adalah untuk menghiasi perilaku manusia dengan budi pekerti yang luhur; meciptakan lingkungan dan komunitas yang penuh dengan kedamaian dan cinta kasih. Puncaknya, kehadirannya di muka bumi ini adalah semata untuk ajaran murni Allah Swt, supaya umat manusia bisa meraih kesempurnaan serta bisa selamat mengarungi kehidupan dunia-akhirat.

Alhamdulillah, Redaksi Buletin Digital HPI Iran berkesempatan menerbitkan kembali buletin edisi ketiga dengan tajuk Satu Umat di Bawah Panji Nabi Muhammad. Lahirnya buletin edisi ketiga ini tak lain sebagai bentuk ‘persembahan kecil’ dari kami untuk para pembaca budiman atas kelahiran manusia suci, teladan manusia sepanjang masa, Nabi Muhammad Saw. Meski sebenaranya, penerbitan buletin edisi ketiga ini agak terlambat dari jadwal terbit yang sudah kami tentukan, karena satu dan lain hal, namun kami percaya, bahwa kita tidak kehilangan momen untuk membaca dan meneladani jejak hidup Nabi Muhammad Saw., sebab ia adalah teladan sepanjang masa yang bisa kita contoh kapan saja.

Seperti yang termaktub di dalam sejarah, salah satu prestasi Baginda Nabi kita yang mulia adalah mempersaudarakan dan mempersatukan umat manusia. Mulai dari Aus dan Khazraj hingga Muhajirin dan Anshar. Misi jangka panjang Rasulullah Saw. dalam hal ini juga menyatukan umat manusia dalam satu kafilah menuju kesempurnaan yang diidamkan setiap insan.

Berangkat dari tema di atas, tim redaksi ingin mengambil berkah dari momen maulid nabi dengan menggali makrifah nabawi dan menyampaikannya pada pembaca. Momen maulid ini juga menjadi momen memperkokoh persatuan dalam tubuh komunitas Muslim dunia. Dalam hal ini, kami memadukan kedua poin besar ini pada setiap tulisan di buletin.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih tak terperi kepada para kontributor—tanpa mengurangi rasa hormat—yang namanya tak bisa kami sebutkan satu demi satu, dan pihak-pihak yang telah membantu sekaligus melancarkan buletin ini hingga sampai di tangan pembaca. Terima kasih juga kami ucapkan yang sebesar-besarnya kepada para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca buletin ini. Kami menyadari bahwa buletin ini masih jauh dari kata sempurna. Karenanya, kami tak pernah bosan menunggu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca yang budiman agar buletin ini makin baik di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Selamat membaca!

Untuk download klik: Buletin HPI Edisi 3: Satu Umat di Bawah Panji Nabi Muhammad

Buletin HPI Iran Edisi 3 Satu Umat di Bawah Panji Nabi Muhammad
Share :
Buletin

2 thoughts on “Buletin HPI Edisi 3: Satu Umat di Bawah Panji Nabi Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.