Peringati HUT TNI, Atase Pertahanan Indonesia Gelar Dzikir dan Doa di Qom

Atase Pertahanan Republik Indonesia (Athan) untuk Iran, Kol. Harwin Dicky Wijanarko S.E menggelar acara dzikir dan doa bersama seluruh warga, pelajar dan mahasiswa di kota suci Qom. Acara yang digelar di Sekretariat Himpunan Pelajar Indonesia (HPI) Iran itu dalam rangka memperingati perayaan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), pada tanggal 3 Oktober 2019 bertepatan dengan Kamis malam Jumat.

Acara yang dimulai pukul, 19:30 usai Shalat Maghrib dan Isya berjamaah itu dibuka dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars TNI, disusul kemudian pembacaan surat Yasin dan doa dzikir bersama untuk para pahlawan bangsa yang dipandu oleh Muhammad Hadir. Acara diskusi dengan tema “TNI Profesional Kebanggan Rakyat”, menurut pembawa acara, merupakan tema penting karena bersumber dari Nahjul Balaghah.

Muhammad Mahdi, pembaca acara sebelum menyerahkan jalannya diskusi ke moderator sebagai pengantar diskusi mengatakan, masalah tentara bisa dibaca dalam penggalan surat panjang yang ditulis oleh Imam Ali kepada Malik ibn al-Harith al-Asytar ketika diangkat sebagai gubernur Mesir.

Menurutnya, dalam penggalan surat itu, Imam Ali membagi rakyat dengan berbagai golongan. Dan masing-masing golongan tidak akan bertahan hidup kecuali dengan bantuan satu sama lain yang saling membutuhkan. Di antaranya golongan rakyat itu adalah “Tentara” yang oleh Imam Ali disifatinya sebagai benteng rakyat, perhiasan penguasa, kekuatan agama, dan sarana kedamaian. Bahkan Imam Ali menyebut, “Sesunggunya rakyat tidak dapat hidup tanpa mereka (tentara).

Usai mengantar diskusi, Mahdi menyerahkan jalannya diskusi ke Yopi Denny Saputar sebagai moderator. Dalam pernyataannya, Yopi mengatakan, penggalan surat itu, ketika masyarakat dibagi dengan berbagai golongan, Imam Ali tidak memandangnya sebagai golongan yang saling bermusuhan, tetapi mereka saling menyokong satu dengan yang lain. Dengan kata lain, Imam Ali memandang penting stratifikasi sosial yang diantaranya adalah tentara untuk harmonisasi dan bukan konflik sosial.

Sementara Pak Athan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia di Qom yang antusias menghadiri acara HUT TNI tersebut.

“Kami berterima kasih dan kami belajar banyak dari mahasiswa disini,” katanya. Athase juga menjelaskan beberapa usaha yang dilakukan TNI saat ini untuk menjadi profesional yang menurutnya adalah bergabung dan duduk bersama rakyat. Dan salah satu usaha mewujudkan itu adalah datang ke berbagai kota Iran, termasuk di Qom untuk duduk besama rakyat.

Athan juga berharap, apa yang dilakukannya ini akan menginnspirasi tentara di Tanah Air untuk duduk dan bersama mendampingi rakyat.

Dalam acara diskusi, Athan juga menyebut berbagai capaian-capaian prestasi TNI dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI dari ancaman musuh hingga mampu memproduksi sendiri berbagai jenis Alutsista.

Dari penelusuran HPI, deretan Alutsista produksi dalam negeri buatan TNI menunjukkan kemampuan teknologi militer sangat berkembang pesat, qualified dan dengan standar dunia. Sebut saja misalnya, Tank APC Anoa, sniper SPR3 dan kendaraan taktis Komodo. TNI juga mampu membuat Kapal Cepat Rudal Klas 60 Meter dan kerja sama dengan Korsel membangun sebuah kapal selam khusus. Pesawat misalnya, TNI juga mampu membuat pesawat CN-235 yang bisa dipakai untuk patroli, Roket RX-420 dan RX-550. Saat ini bersama Korsel TNI akan menciptakan pesawat siluman KFAX. Dan yang terakhir, TNI juga membuat alat komunkasi VCR-2500, Retimax 2000 semacam komputer canggih untuk keperluan militer.

Dalam diskusi dengan hadirin, banyak hal penting dan informasi baru yang diungkap oleh Athan sekaitan dengan program sebagai wujud ejawentah profesionalisme TNI.

Acara yang penuh dengan keakraban dan ramah itu selesai pukul 21: 15 waktu setempat, dan ditutup dengan pembacaan doa kemenangan bangsa Indonesia serta kejayaan TNI yang dipimpin oleh Yopi Danny Saputra. Pembacaan doa dengan berdiri sementara kedua tangan hadirin saling bergandengan tangan. [HPI]

Share :
Events, Headline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.