Ramadhan Akan Pergi, Semoga Kita Bertemu Lagi

Bulan Ramadan sebentar lagi akan pergi meninggalkan kita semua. Tentunya, siapa yang tahu akan kemuliaan bulan ini pasti akan merasakan kesedihan, sebab akan ditinggal pergi olehnya.

Oleh karenanya, mari manfaatkan sisa-sisa waktu bulan Ramadhan ini dengan berbagai amalan-amalan yang dituntun oleh Rasulullah Saw. dan Ahlul bait as.

Malam terakhir bulan Ramadan adalah sebuah malam yang penuh berkah, pada malam ini terdapat beberapa amalan yang akan membawakan keberuntungan bagi siapa saja yang melakukannya.

Amalan tersebut ialah pertama Mandi, membaca doa Ziarah Imam Husein as, membaca surat Al-An’am, Al kahfi, Yasin dan 100 kali beristighfar.

Kemudian membaca doa yang diajarkan Imam Jafar Shodiq as. yaitu yang terdapat dalam kitab Mafatih Jinan pada Halaman 257 sampai 258.

Arti doanya sebagai berikut, ” Ya allah, ini adalah bulan Ramadan yang engkau telah menurunkan di dalamnya dan ia telah berlalu, aku berlindung kepada Dzat-Mu yang mulia, ya rabb supaya fajar malamku tidak terbit atau bulan Ramadan ini berlalu sedangkan aku masih memiliki tanggungan untuk-Mu atau dosa yang dengannya engkau akan menyiksaku pada hari aku berjumpa dengan-Mu.

Ya allah janganlah engkau jadikan bulan ini masa terakhirku untuk berpuasa dalam bulan Ramadan dan aku berlindung kepada-Mu supaya Fajar Malam ini tidak terbit kecuali engkau mengampuniku.

Bulan Ramadan adalah bulan di mana yang akan menentukan  pada nasib kita kedepannya, bagaimana dan akan seperti apa. Jika di bulan ini kita tidak sukses, maka di bulan-bulan lainnya bisa jadi tidak akan sukses, Karena di bulan Ramadan inilah kuncinya.

Bagaimana kita akan sukses sementara di bulan yang penuh Rahmat ini saja kita tidak bisa memanfaatkanya, sampai-sampai tidak mendapatkan apa-apa dari Rahmat-Nya.

Apalagi ketika kita akan menghadapi di bulan selain Ramadhan yang di dalamnya tidak terdapat dibulan Ramadan.

Sayyidah Fatimah Azzahra as berkata, “Sungguh orang-orang akan merugi jika di bulan Ramadhan ini tidak mendapatkan setetes apapun dari rahmat Allah swt.” Karena di bulan mulia inilah Allah Swt. telah menurunkan semua apa yang di minta oleh Hamba-Nya.

Imam Hasan Al-Mujtaba cucu Rasulullah saw juga berpesan,

الفُرصَةُ سَريعَةُ الفَوتِ و بَطِيئَةُ العَودِ

“Kesempatan itu cepat berlalu dan lambat untuk kembali.”  (Biharul Anwar)

Kesempatan di bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Jangan lewatkan kesempatan ini karena tidak ada yang tau apakah kesempatan ini akan terulang di tahun yang akan datang.

Bulan ini begitu mulia, sehingga cucu Rasulullah Saw yang akan peduli dengan umat kakeknya, mengingatkan betapa pentinganya bulan Ramadan ini. Apalagi saat ini tinggal beberapa hari lagi bulan ini akan meninggalkan kita semua.

Mudah-mudah semua amal perbuatan kita di bulan Ramadan ini diterima oleh allah swt.

تقبل الله منا ومنكم صيامنا وصيامكم وكل عام وانتم بخير

Penulis: Ali Qadirun

Share :
Headline, Lingkar Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.