Meraup Maghfirah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan telah memasuki akhir pertengahan, oleh sebab itu mari manfaat penghujung pertangahan ini dengan penuh khusyuk dengan amal ibadah dan perbanyak doa serta istighfar.

Amiril Mukminin Ali bin Abi Thalib as berpesan kepada kita,

عَلَيكُم في شَهرِ رَمَضانَ بِكَثرَةِ الاِستِغفارِ وَالدُّعاءِ ؛ فَأَمَّا الدُّعاءُ فَيُدفَعُ بِهِ عَنكُمُ البَلاءُ ، وأمَّا الاِستِغفارُ فَيَمحى ذُنوبَكُم

“Hendaknya kalian memperbanyak doa dan istighfar di bulan Ramadhan. Adapun doa maka dengannya akan menghindarkan kalian dari bencana. Sedangkan istighfar akan menghapus dosa-dosa kalian.”  (Al-Kafi).

Pesan singkat mengajarkan kepada kita untuk meminta ampunan kepada Allah Swt, supaya dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya. Mari kita perbanyak istighfar, dan memohon ampunan dosa-dosa kita, sebab bulan ini penuh magfirah dan rahmah Allah Swt. Kita diajarkan untuk memperbanyak doa untuk kebaikan kehidupan kita semua. Selain itu juga memohon keselamatan dan dijauhi dari segala bencana.

Kemudian bulan Ramadhan ini juga mengajarkan kita untuk saling berbagi, karena dengan memberikan sesuatu yang kita miliki tentu bisa membantu kebutuhan orang lain dan bermanfaat bagi kehidupan orang lain.

Imam Ja’far As-Shodiq as berpesan,

مَنْ تَصَدَّقَ فِي شَهْرِ رَمَضَان بِصَدَقَةٍ ، صَرَفَ اللهُ عَنْهُ سَبْعِيْنَ نَوْعاً مِنَ الْبَلَاء

“Siapa yang bersedekah di bulan Ramadhan dengan satu sedekah, maka Allah akan menghindarkan 70 macam bala’ darinya.” (Tsawabul A’mal).

Bulan yang penuh berkah dan rahmat semuanya Allah Swt berikan kepada hamba-Nya.  Lihat saja pesan yang disampaikan oleh Imam Jafar Shadiq as, begitu besarnya nilai pahala yang Allah Swt berikan kepada hamba-Nya, apakah kita tidak mau menginginkannya?

Pada bulan ini manusia benar-benar menjadi tamu-tamu Allah Swt dan mengarungi cahaya makrifat Ilahi. Semua yang kita peroleh dari bulan ini adalah berkat ibadah dan kerja kita yang tenggelam dalam lautan penghambaan Tuhan. Penghambaan itu akan menumbuhkan keikhlasan di dalam hati dan mempraktikkannya dalam perilaku sehingga mencapai kebahagiaan dan kemenangan. Dan kemenangan adalah tujuan akhir yang berusaha digapai ajaran Islam. []

Penulis: Ali Qadirun

Share :
Headline, Lingkar Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.