Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan telah memasuki hari kesepuluh. Dalam kitab Mafatihul Jinan, kita dianjurkan membaca doa berikut ini;

اَللّـهُمَّ اجْعَلْني فيهِ مِنَ الْمُتَوَكِّلينَ عَلَيْكَ، وَاجْعَلْني فيهِ مِنَ الْفائِزينَ لَدَيْكَ، وَاجْعَلْني فيهِ مِنَ الْمُقَرَّبينَ اِلَيْكَ، بِاِحْسانِكَ يَا غايَةَ الطّالِبينَ

“Yaa Allah! Jadikanlah Aku Diantara Orang-Orang Yang Bertawakkal Kepada-Mu, Dan Jadikanlah Aku Diantara Orang- Orang Yang Menang di sisi-Mu, Dan Jadikanlah aku di antara Orang-Orang Yang Dekat Kepada- Mu Dengan Ihsan-Mu, Wahai Tujuan Orang-Orang Yang Memohon.”

Selain membaca doa di atas, terdapat amalan lain di hari kesepuluh: yaitu menunaikan shalat 20 rakaat; setiap rakaat membaca Surah al-Ikhlash sebanyak 30 kali dan membaca Surah al-Fatihah.

Sebelum kita benar-benar memasuki pertengahan bulan Ramadhan, mari kita manfaatkan sisa terakhir awal Ramadhan ini untuk bisa mendapatkan Rahmat-Nya yang melimpah.

Karena menurut riwayat, di dalam pertengahan Ramadhan Allah Swt memberikan pahala  lebih besar lagi kepada hamba-Nya, yakni sebuah ampunan dosa yang pernah di perbuatnya.

Siapa yang tidak ingin dosa-dosanya diampuni? Tentu semua berharap dosa-dosa kita akan diampuni oleh-Nya.

Oleh sebab itu, kita mencoba mengamalkan salah satu amalan yang akan memberatkan timbangan amal baik kita kelak di akhirat nanti. Dan ini merupakan salah satu keutamaan besar dibulan Ramadhan jika kita mampu melakukannya.

Rasulullah saw bersabda,

في فَضائِلِ شَهرِ رَمَضانَ ـ: مَن أكثَرَ فيهِ مِنَ الصَّلاةِ عَلَيَّ ، ثَقَّلَ اللّه ُ ميزانَهُ يوَمَ تَخِفُّ المَوازينُ .

“Salah satu dari keutamaan bulan Ramadhan adalah barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan Ramadhan, maka Allah akan memberatkan timbangannya di hari timbangan-timbangan (amal) menjadi ringan”. (Uyun al-Akhbar ar-Ridho)

Dengan memperbanyak membaca sholawat selama bulan ini, insya Allah kita akan mendapatkan pahala berlipat, karena kita melakukannya tepat di bulan perjamuan Allah Swt.

Sungguh celaka orang yang tidak mendapat ampunan Allah pada bulan yang agung ini. Dengan rasa lapar dan haus, mari kita perbanyak bersedekah kepada kaum fakir dan miskin.

Dalam beberapa riwayat disebutkan, barangsiapa yang melakukan shalat sunat pada bulan ini, Allah akan tetapkan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa yang melakukan shalat wajib, baginya pahala orang yang melakukan tujuh puluh shalat wajib pada bulan lain.

Barangsiapa yang memperbanyak salawat kepadaku pada bulan ini, Allah akan beratkan timbangan amalnya pada hari ketika timbangan-timbangan menjadi ringan. Barangsiapa yang membaca satu ayat al-Quran pada bulan ini, baginya pahala orang yang menamatkan bacaan al-Quran pada bulan yang lain.

Mudah-mudahan kita semua di bulan penuh berkah ini mendapatkan apa yang sudah Allah Swt. turunkan semua rahmat kepada hamba-Nya. Dan kita mendapatkan ampunan dosa-dosa dari Allah Swt.

Semoga di bulan Ramadhan ini kita mampu menghidupkan amalan-amalan yang jika kita mampu melakukannya akan mendapatkan berkali lipat pahala yang di bulan selain bulan ini, tidak akan pernah diberikan.

Karena itu, bulan Ramadhan sangat berpengaruh dalam mencetak, membina dan mematangkan keikhlasan pada diri pelaku-pelakunya. Karena didalamnya terdapat kemuliaan puasa untuk menahan dan menjauhi segala dosa yang merupakan ibadah tersendiri. []

Penulis: Ali Qodirun

Share :
Headline, Lingkar Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.