Acara Sarasehan, Dubes KBRI Tehran: “Indonesia Sangat Berpotensi Menyamai Iran”

Kamis, 22/11/18, sejak pukul 18.00 waktu Iran, bertempat di Tehran Grand Hotel di kota Tehran, acara sarasehan yang diselenggarakan pihak KBRI Tehran dipadati oleh para peserta seminar dari berbagai kalangan masyarakat di Iran. Kalangan mahasiswa tampak mendominasi dari hadirin yang datang.

Dalam undangannya, acara yang diadakan oleh pihak panitia mengusung tema ‘Upaya Peningkatan Ketahanan Nasional dalam Menghadapi Radikalisme’. Turut hadir delegasi sebagai pembicara dari Kementerian Pertahanan, Marsekal Muda Taufik, SE, Marsekal Pertama TNI Dr. Siswo Pudjiatmoko, SE, MSi, Dr. Ir. Rudy Laksmono.

Acara yang dimulai tepat pukul 18.30, dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan al-Qur’an tampak begitu khidmat dan antusias. Semua hadirin berdiri dengan sikap hormat ketika lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ dinyanyikan. Setelahnya, pembawa acara mempersilahkan semua yang hadir untuk duduk kembali.

Hadir sebagai keynote speaker pada acara yang berjudul, ‘Pertahanan Nasional di Era Globalisasi’, beliau menyampaikan beberapa poin dalam sambutannya. Menurutnya, banyak kesamaan antara Indonesia dan Iran, terutama soal pertahanan.

Dirinya mengakui bahwa Iran unggul dari sisi pertahanan dan kesatuan dalam menjaga stabilitas negara. “Suatu saat nanti Indonesia sangat berpotensi menyamai Iran dalam hal keamaan,” tambah Bapak Octavino Alimuddin selaku Dubes KBRI untuk Iran dan Turkmenistan.

“Iran adalah negara yang menangani paham radikalisme di luar negara, sehingga bahayanya tidak terjadi di dalam negara,” tuturnya.

Selain itu Pak Dubes juga nangatakan bahwa, di samping Indonesia masih belum aman dari sisi paham radikalisme, dari segi keamanan, terutama di laut, masih terlihat rapuh. Seperti misalnya, masih banyak pelaku kejahatan yang beraksi di daerah perairan negara.

Di akhir sambutannya, beliau menghimbau kepada masyarakat Indonesia yang berada di Iran untuk saling membangun hubungan. “Di zaman sekarang, sangat mudah melakukan komunikasi sekalipun dibentangkan jarak yang cukup jauh.”

 

Laporan langsung dari Ali Ridho dari tempat acara berlangsung.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.