Ustadz Hassan Akbar: “Generasi Sekarang Harus Melanjutkan Misi al-Husain”

Tadi malam, Kamis, 13/09/18 adalah malam keempat acara Asyura. Seperti biasanya, acara dimulai pada pukul 20:05 waktu setempat dipandu oleh Hassan Askari Lampung sebagai pembawa acara. Acara dibuka dengan ayat-ayat suci al-Quran yang dibaca oleh Faqih, yang disambung oleh Ustadz Hasan Akbar untuk menyampaikan materi ceramah.

Mengusung tema, “Mendidik Anak Sebagaimana Ahlul Bait Mendidik Putra-Putrinya”, ustadz Hassan mengatakan bahwa Muharrram adalah ibarat sebuah madrasah besar, yang kaya akan makrifat dan ilmu.

“Akan sangat rugi bagi pecinta Ahlul Bait yang tidak mendapatkan apa-apa di malam-malam Muharram seperti ini”, katanya.

Menurut ustadz Hassan, Ahlul Bait sudah memberikan cara dan metode sempurna dalam mendidik anak, sehingga generasi sekarang dapat melanjutkan misi Imam Husain as.

“Imam Ali mempersiapkan Abu Fadl Abbas untuk menjadi pelindung Imam Husain dan keluargnya di Karbala. Kemudian putra-putra Ahlul Bait dengan berani maju untuk berperang”, tandasnya dan mengatakan bahwa hal itu berkat didikan keluarga Nabi Saw.

Ada beberapa metode dalam mendidik anak, bahkan jauh sebelum itu, yang menurut ustadz Hassan, bahwa menjatuhkan pilihan terhadap calon istri atau suami adalah langkah awal untuk mendidik anak.

Menurutnya, mempersiapkan generasi yang lebih baik dengan berguru kepada para Ahlul Bait sangat penting terutama menyangkut makanan.

“Jika kita ingin anak-anak yang soleh-solehah, maka makanlah makanan yang baik dan halal”, tandasnya.

“Dari madrasah Karbala, kita dapat mengambil banyak ibrah, di antaranya sikap Ahlul Bait dalam mendidik anak, sehingga melahirkan sosok seperti Imam Husain, yang tak hanya berani dihadapan musuh, tetapi juga punya tekad tinggi untuk mempertahankan ajaran suci Rasulullah”, pungkasnya.

Usai ceramah, dilanjutkan pembacaan maqtal yang dibacakan oleh ustadz Hendar Yusuf, dan maktam oleh Dzilal dan kawan-kawan, yang diakhiri dengan pembacaan doa Ziarah Imam Husian bersama yang dipimpin Anwar. [HPI/AK]

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.