Kunjungan Delegasi Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ke kota Qom, Iran

Kunjungan Delegasi Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ke kota Qom, Iran

QOM, HPIIRANEWS – Delegasi dari sejumlah dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya melakukan kunjungan akademik selama beberapa hari ke berbagai universitas di Republik Islam Iran. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Universitas Internasional Al-Musthafa di kota Qom pada Rabu (18/4).

Di kota Qom, delegasi menyempatkan melakukan kunjungan ke kampus Imam Khomeini yang merupakan salah satu kampus di bawah naungan Universitas Internasional Al-Musthafa. Selain dari sisi akademik, delegasi juga mengamati kegiatan penelitian dan fasilitas kampus.

Dr. Imam Ghazali, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya mengungkapkan kesan positif dari kunjungan tersebut. “Menurut hemat saya, kampus ini (Kampus Imam Khomeini) adalah salah satu yang terbaik dari kampus-kampus islam di Timur Tengah yang pernah saya kunjungi, “ ungkapnya.

Beliau juga kagum pada aktifitas akademik yang ada di Iran, khususnya di kota suci Qom. “Iran adalah negara maju. Terkait kota Qom ini, selain kotanya cukup maju, yang menarik adalah banyak universitas dan kampus islam. Selain maju di bidang pendidikan dan penelitiannya, universitasnya juga bagus-bagus. Ini di luar dugaan saya,” tambahnya.

Tak lupa, beliau juga berpesan kepada para pelajar Indonesia yang berada di Iran untuk senantiasa semangat dalam menuntut ilmu dan menjauhkan diri dari pemikiran ekstrim. “Belajar yang rajin, bangun Islam Wasatiah dan rasional (agar) jangan mudah menyesatkan dan mengkafirkan. Di samping itu juga pelajari sistem  pengelolaan kampus dan lain-lain.”

Saat ditanya terkait hubungan Indonesia dan Iran, beliau optimis bahwa Indonesia dapat mengembangkan kerjasama dengan Iran di bidang budaya dan pendidikan. Beliau mengatakan “(Saya) optimis. Selain hubungan diplomasi antara kedua negara, hubungan budaya dan pendidikan juga perlu ditingkatkan. Insyaallah ke depan akan lebih berkembang.” [hpiiranews]

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *